Get the Flash Player to see this player.
SiFM Rewind
11:30 WIB - 14:00 WIB
host : Radio DJ
 
   
     

Astronom Temukan Bintang Tertua di Semesta
Penulis :dee | Rabu, 12 Febuari 2014 | 07:22 WIB Dibaca : 1.332
Astronom Temukan Bintang Tertua di Semesta

Tim astronom dari Australian National University (ANU) menemukan bintang tertua di alam semesta. Penemuan benda langit yang terbentuk sekitar 13,6 miliar tahun lalu itu memungkinkan astronom mempelajari unsur kimia dari bintang-bintang pertama di jagat raya. 

Dr Stefan Keller, peneliti utama dari Research School of Astronomy and Astrophysics Australian National University, mengatakan peluang menemukan bintang tertua itu setara dengan satu banding 60 juta. 

"Ibarat menemukan jarum di tumpukan jerami," kata Keller, seperti dikutip Guardian, Selasa, 11 Februari 2014. "Saya sangat terkejut."

Tim astronom menemukan bintang tertua menggunakan teleskop SkyMapper di Observatorium Siding Spring, dekat Coonabarabran, di utara New South Wales. 

Teleskop selebar lapangan itu digunakan untuk mencari bintang kuno sebagai bagian dari proyek pembuatan peta digital pertama dari langit selatan. Pada jantung teleskop dilengkapi kamera digital 268 megapiksel untuk menangkap area langit 29 kali lebih besar dari bulan purnama setiap menit.

"Hanya dengan pencitraan warna, kita bisa membedakan kandidat utama yang menjadi bintang yang tertua," kata Keller. Warna bintang menggambarkan kandungan zat besinya. "Semakin banyak besi, semakin muda umur bintang itu."

Dalam kasus ini, bintang tertua yang mereka temukan mengandung zat besi minimal 60 kali lebih sedikit dibanding bintang-bintang lainnya. Penemuan bintang tertua ini, yang diterbitkan dalam jurnal Nature edisi terbaru, telah dikonfirmasi menggunakan teleskop Magellan di Cile.

Keller menggambarkan penemuan ini sebagai "kapsul waktu" karena memberikan informasi baru yang menantang keyakinan sebelumnya tentang beberapa bintang pertama. Ia mengatakan bintang yang baru ditemukan ini terbentuk setelah bintang Primordial, bintang awal yang memiliki massa 60 kali dari matahari dan musnah dalam ledakan supernova.

 
Related Post
  Sepi Bookingan, Purel Bobol Tempat Kost
  7 Pasang Bukan Suami Istri Terjaring Razia Kost
  Sosialisasi Tertib Lalu Lintas, Polsek Tebar Hadiah
  Tabrak Lari, Dua Pemuda Tewas di Dini Hari
   
 
 
 
 
 
semen indonesia.png bni.png djarum.png holcim.png sosro.png kalbe.png
© Copyright 2013 - All right Reserved. Design by mcmmedianetworks.com