Get the Flash Player to see this player.
SMS
05:30 WIB - 07:00 WIB
host : Vicka Erdina
 
   
     

Peningkatan Kualitas Keterwakilan melalui Teknologi Informasi
Penulis :wydii | Senin, 31 Maret 2014 | 12:08 WIB Dibaca : 1.150
Peningkatan Kualitas Keterwakilan melalui Teknologi Informasi

SEKITAR 60 orang Calon Legislatif (caleg) yang didominasi kaum hawa, Senin (10/3) siang khusyuk mengikuti workshop bertajuk ‘Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi Calon Anggota Legislatif dalam Pemilu 2014.’  Kegiatan yang berlangsung di Hotel Santika, Surabaya ini diikuti para caleg DPRD Provinsi, Kota dan Kabupaten ini mewakili seluruh Daerah Pemilihan di Jawa Timur.

Secara khusus, pihak penyelenggara dari Women and Youth Development Institute of Indonesia (WYDII), kerjasama dengan Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi (Perludem) serta pihak Google dan The Asia Foundation (TAF) merancang kegiatan ini guna memperkuat kemampuan para calon anggota legislative dalam penggunaan teknologi informasi terkini dalam meraih dukungan pemilih, khususnya pemilih pemula dan pemilih usia muda. Serta memperkenalkan teknologi terkini yang memudahkan komunikasi dan  relasi antara pengguna internet, dalam hal ini antara calon anggota legislative dengan para calon pemilih dan pemilihnya (konstituen).

Antusiasme para caleg peserta pelatihan juga didorong oleh hadirnya para narasumber yang pakar di bidangnya dengan pengalaman dengan jam terbang tinggi mereka. Mereka adalah Heru Suprapto dari Perludem yang selama ini terus mengkampanyekan pentingnya ‘pemanfaat media sosial untuk kampanye caleg.’  Kemudian Agung Yudha dari Google, selaku konsultan dan praktisi yang banyak berkecimpung dengan Network Generation guna mengenalkan berbagai media sosial peserta.  Support penting dari penyelenggara juga ditekankan dengan kehadiran langsung wakil dari The Asia Foundation, Agus Sarwo Edhi.

Setidaknya, Agus Sarwo Edhi menegaskan kembali harapannya dengan pelatihan kali ini. Bahwa, TAF dan WYDII punya komitmen bersama atas kualitas demokrasi di Indonesia melalui peningkatan kompetensi personal  untuk memanfaatkan teknologi, untuk kegiatan kampanye. Karena itulah perlunya menggandeng Google dan Perludem.  Sehingga caleg bisa membangun relasi dengan pemilih dengan menggunakan alat komunikasi yang digunakan pemilih, terutama pemilih muda.

“Kami berharap penggunaan IT ini tidak hanya bermanfaat ketika sedang kampanye, pencalonan, tapi juga diharapkan meningkatkan kualitas komunikasi selanjutnya—penyerapan aspirasi bila jadi aleg. Harapan kita adalah peningkatan kepercayaan lembaga politik. Sehingga penggunaaan teknologi berbasis internet akan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat dan kualitas keterwakilan di Indonesia,” ungkap Agus.  

 
Related Post
  Aktivis HMI Demo Minta Saud Situmorang Dicopot Dari Pimpinan KPK
  Bus Wisata Dirusak Massa Karena Seret Motor Hingga Terbakar
  Hari Keempat Seluruh Korban Anak Tenggelam Berhasil Ditemukan
  Sirine Kelud Tak Berbunyi Saat Evakuasi Warga
   
 
 
 
 
 
semen indonesia.png telkomsel.png xl.png djarum.png danamon.png wingsfood.png
© Copyright 2013 - All right Reserved. Design by mcmmedianetworks.com